RSS

MESIN PENGGERAK TUBUH : JANTUNG

Pernahkan kalian memikirkan bagaimana berliter-liter darah beredar tanpa henti naik dan turun di sekujur tubuh? Setiap benda membutuhkan penggerak agar bisa terus bergerak. Mobil, pesawat, kapal motor, dan bahkan mobil-mobilan remote control kalian bergerak dengan motor. Begitu juga, darah yang beredar di sepanjang tubuh pun memerlukan sebuah motor. Motor yang memutar darah kita siang malam selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, adalah jantung kita.

Peganglah urat nadi kalian dan tunggu sebentar. Kalian akan merasakan detak jantung kalian. Jantung kalian berdetak 70 kali dalam semenit, dan memompa sekitar 152 juta liter (40 juta galon) darah sepanjang hidup kalian. Darah sebanyak itu setara dengan minyak yang memenuhi 10.000 mobil tanki. Angka ini tentu mengejutkan bukan? Sekarang misalkan kalian menuangkan secangkir air dari satu ember ke ember lainnya, 70 kali semenit. Akhirnya tentu otot tangan dan pergelangan kalian akan sakit dan kalian perlu beristirahat. Padahal, jantung kalian melakukan tugas seperti ini sepanjang hidup kalian dan tidak pernah beristirahat.

Pompa yang Paling Sempurna

Pompa dengan bentuk paling sempurna di dunia ini sekarang tengah berdetak di bagian kiri dada kalian. Dengan rancangannya yang istimwa dan gerak tak kenal henti, jantung membuat seluruh darah dalam tubuh menyelesaikan 1000 putaran penuh dalam sehari.

Jantung adalah sebuah pompa yang terbuat dari daging, yang kira-kira sama besarnya dengan kepalan tangan kalian. Akan tetapi, jantung jelas-jelas adalah mesin yang terkuat, paling berdaya tahan, dan paling efisien di dunia jika kita melihat kemampuannya. Kita punya banyak alasan untuk mengungkapkan kekuatan jantung ini. Yang terpenting, jantung menggunakan sejumlah besar energi ketika berdetak. Dengan energi yang digunakan oleh jantung, darah bisa diangkat setinggi 3 meter. Mungkin akan membantu jika kita ambil contoh agar bisa dengan mudah memahami kemampuan jantung. Dalam satu jam jantung bisa menghasilkan sejumlah energi yang cukup untuk mengangkat sebuah mobil rata-rata setinggi satu meter di atas tanah.

Pompa-Pompa Sesungguhnya di dalam Jantung

Jantung, yang hanyalah alat tubuh berbentuk otot sekepalan tangan, terdiri atas dua bagian. Ada dua pompa di setiap bagian ini. Pompa kiri, yang lebih kuat, menggerakkan darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Pompa kanan, lebih lemah dari bagian kiri dan memompa darah kaya oksigen ke paru-paru. Pengangkutan dari jantung ke paru-paru ini melalui jarak pendek, sehingga disebut dengan ”peredaran darah pendek”. Adapun pengangkutan ke seluruh tubuh disebut dengan ”peredaran darah panjang”.

Masing-masing bagian jantung ini dibagi lagi atas dua bagian lain. Darah di antara keduanya melewati bagian lain melalui katup (klep) jantung. Pompa ini bekerja tak kenal henti dengan sejumlah besar energi, sehingga darah bisa beredar di tubuh kita 1000 kali sehari.

Jantung Merawat Dirinya Sendiri

Peralatan mesin memerlukan perawatan teratur. Mungkin diperlukan perawatan beberapa bagian mesin atau penggantian yang sudah aus/rusak. Mesin perlu dirawat dengan oli setelah bekerja selama beberapa waktu, sehingga bisa mengurangi keausan yang disebabkan oleh gesekan.

Seperti halnya mesin, jantung, yang terus bekerja sepanjang waktu, juga memerlukan perawatan. Akan tetapi, jantung justru melakukan perawatan sendiri. Jantung “melumasi dengan oli” dirinya sendiri.

Menurut kalian bagaimana jantung melakukan pelumasan itu? Jawaban pertanyaan ini tersembunyi dalam penciptaan jantung. Permukaan luar jantung tertutup oleh sebuah kantung yang terdiri atas dua selaput. Di antara kedua selaput ini ada cairan licin. Cairan ini berperan seperti oli motor dan mendukung kerja jantung yang lebih mudah. Bentuk perlindungan sendiri dalam jantung ini sekali lagi menunjukkan betapa sempurna dan lengkapnya daya seni Allah dalam penciptaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS