RSS

KERANGKA YANG TERDIRI ATAS TULANG

Ada 206 tulang dalam tubuh kita. Kalian mungkin menganggapnya terlalu banyak, tetapi dengan contoh yang akan kita lihat, kalian akan memahami perlunya banyak tulang dalam tubuh kita. Mari kita bayangkan jari-jari kita. Jika setiap jari kalian terdiri hanya atas satu tulang saja, kalian tentu tidak akan mampu memegang buku ini seperti yang kalian lakukan sekarang. Hal ini karena sebuah tulang keras tidak bisa ditekuk dan akhirnya akan patah jika kalian paksakan terlalu keras. Karena kalian tidak mampu menekuk jari kalian, kalian tidak akan mampu memegang atau menangkap dan memegang sebuah benda. Kalian juga tidak akan mampu menulis atau makan. Yang memungkinkan kalian memegang buku ini dengan mudah dan mungkin juga meminum jus buah kalian pada saat bersamaan adalah adanya 27 tulang yang saling bersambungan, termasuk yang ada pada jari-jemari kalian, di tangan kalian.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 206 tulang dalam tubuh kita, yang terhubung satu sama lain seperti yang ada pada tangan. Setiap tulang ini terletak pada tempatnya menurut perencanaan yang cerdas. Berkat perencanaan ini, kalian bisa membungkukkan tubuh ke depan, berlutut, atau menolehkan kepala ke samping. Tetapi jangan salah: kalian tidak bisa melakukan semua ini hanya dengan menggunakan tulang kalian, karena tulang tidak bisa ditekuk. Ada sambungan-sambungan di titik-titik penghubung tulang kalian. Berkat sambungan ini, kalian dengan mudah bisa menekuk tangan, mengangkat kaki, dan menggunakan jari-jari kalian.

Sekarang mari kita ambil sebuah contoh untuk membantu kalian lebih memahami betapa pentingnya sambungan-sambungan ini untuk gerakan tulang kita:

Bayangkan kalian membuat sebuah boneka kayu. Apa yang harus kalian lakukan untuk menggerakkan tangan-tangannya? Tangan-tangan boneka pasti tidak akan bergerak kecuali bila kalian menempatkan sebuah sambungan tempat tangan-tangan terhubung dengan bahu. Bagaimana agar kaki-kakinya juga bisa kalian gerakkan? Kalian harus menggunakan benda penggerak lagi, tempat kaki-kaki berhubungan dengan batang tubuh. Hanya dengan cara itu kalian bisa menggerakkan tangan dan kaki boneka kayu. Demikianlah, jika kalian memotong kayu yang telah kalian gunakan untuk tangan dan kaki menjadi dua bagian dan menempatkan benda penggerak, atau sambungan, di antara bagian ini, maka kaki dan tangan boneka juga akan bisa tertekuk di siku dan lututnya. Seperti yang mungkin telah dijelaskan oleh contoh ini, mempunyai banyak tulang dan sambungan yang ditempatkan di antaranya di tempat yang diperlukan akan memungkinkan kita bergerak dengan mudah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS