RSS

Belajar arti menjadi muda

· Orang tua adalah orang2 yang sangat berarti dalam hidup kita. Dari orang tua, kita belajar tentang arti menjadi muda. Sebab kita bisa memilih untuk berbuat baik, menyayangi sepenuh hati orang-orang tua kita, dengan kesabaran dan kesetiaan, merawat mereka dengan kasih dan cinta seperti mereka merawat kita sewaktu kecil. Menghargai dan menghormati keberadaan orang tua. Karena kita tak akan pernah bisa membalas semua yang telah diberikan orang tua kita, walaupun kita memberi meraka segunung emas.

· Orang-orang tua hanya sepenggal rantai dari siklus kehidupan. Maka pada diri orang-orang tua disekitar kita, atau dirumah kita, seharusnya ada tempat kita menatap diri kita sendiri. Orang-orang tua itu telah pernah menjadi muda. Tapi orang-orang muda belum pernah tua. Itu sebabnya, secara umum orang tua lebih mudah belajar kearifan dan kepasrahan. Sebaliknya, orang-orang muda sulit belajar kesabaran.

· Hidup sering berbalas dalam keadilan. Apalagi ini hanya soal pergiliran. Bila ada umur panjang, yang muda juga akan menjadi tua. Dan setiap manusia punya album masing-masing. Didalamnya ada kenangan, kerinduan, harapan dan rasa manusiawi lainnya. Orang tua harus dijunjung tinggi. Kita harus dapat belajar tentang penerimaan, kepasrahan, tawakal, kearifan dan kesabaran. Perjalanan hidup kita memang tak pernah terduga akan berakhir seperti apa. Semua begitu mengejutkan seperti kehidupan itu sendiri. Tapi tentu kita tidak mengharapkan menjalani akhir perjalanan yang mengejutkan bukan?

“Sesungguhnya kalian berada dalam perjalanan malam dan siang, dalam umur yang terus berkurang, dengan amal yang tersimpan, dan dalam kematian yang akan tiba-tiba datang” (Ibnu Mas’ud ra)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS