RSS

Bagaimana manusia terbentuk dari atom?


Telah dijelaskan bahwa atom berkumpul membentuk manusia, tetapi, tentu saja, kamu tentu bertanya-tanya bagaimana ini dapat terjadi. Pertama, atom-atom bergabung membentuk SEL-SEL. Kembali, kita mempelajari sesuatu yang baru: Apa itu sel?

Tubuh dari semua organisme hidup terbuat dari sel. Bahkan walau tidak sekecil atom, mereka tetap terlalu kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kita dapat menjelaskan ukuran kecil mereka dengan contoh berikut ini: Jika kita mengumpulkan 10.000 sel kita baru dapat menghasilkan seukuran kepala jarum. Karena itulah kita tidak dapat melihat mereka. Tetapi sel-sel merupakan bahan pembangun manusia, semut, kucing, bunga, pohon dan semua organisme hidup lainnya di sekitarmu. Kamu, misalnya, terbuat dari triliunan sel. Jadi, dari mana semua triliunan sel ini datang?

Lihatlah adikmu atau saudara sepupumu yang masih kecil. Dia belum ada beberapa tahun yang lalu, lalu secara tiba-tiba dia muncul dan mulai tumbuh. Awalnya adikmu adalah sebuah sel tunggal di dalam perut ibumu…. Tetapi sel tunggal ini menyimpan banyak informasi penting. Semua informasi yang telah membuat adikmu menjadi seperti sekarang tersimpan di dalam sel ini: warna matanya, warna rambutnya, tingginya….

Lalu sel ini tumbuh sedikit dan mulai membelah diri. Pertama, ia membelah menjadi dua. Namun, di sini terjadi sesuatu yang sangat menarik, informasi di dalam sel tidak membelah ikut dua. Artinya, informasi yang sama digandakan dalam dua sel itu. Setelah itu, kedua sel terus membelah diri dan penggandaan informasi yang sama terjadi lagi, menghasilkan banyak sel dengan informasi yang sama. Kemudian terjadi lagi pembelahan, dan pembelahan lagi… peristiwa ini terus terjadi dan jutaan sel terbentuk.

Sel-sel ini, walaupun mengandung informasi yang sama, mulai melakukan tugas-tugas yang berbeda satu sama lain. Sebagian menjadi sel-sel kulit; lainnya menjadi sel-sel otot, sel-sel kerangka, sel-sel saraf dan seterusnya. Sementara sel-sel terus menggandakan diri, …. Sel yang nyaris menyerupai sebuah bola mulai berbentuk. Seperti kamu lihat pada gambar di atas halaman, pertama kepala adikmu muncul, diikuti oleh kedua tangannya yang kecil dan kemudian kedua kakinya. Sel-sel terus tumbuh dan membelah diri dan setelah 9 bulan menjadi bayi seutuhnya. Kamu melihatnya pada saat ini.

Semua yang telah diungkapkan sampai saat ini tentunya mengejutkanmu. Kamu mungkin telah memikirkan mengapa sel-sel mengambil tugas-tugas yang berbeda atau bagaimana mereka mengambil bentuk yang begitu rapi. Allah swt lah Yang melakukan semua ini. Sel-sel merupakan bentuk yang kecil dan tak terlihat oleh mata telanjang. Seperti atom, tidak mungkin sel mengambil keputusan atau berkumpul membentuk manusia dengan sendirinya. Tidak masuk akal jika berpikir bahwa adikmu atau manusia lainnya dibuat oleh sel-sel yang berkumpul secara kebetulan.

Allah Yang Mahakuasa, Pencipta segala sesuatu, telah menciptakan manusia dengan sempurna dan Ia telah memberi tahu manusia untuk memikirkan tentang ini dalam kitab-Nya yang diturunkan kepada kita.

“Tapi ……..?” (Surat Maryam: 67)

, seperti juga adikmu dan manusia lain, mulai tumbuh dari sebuah sel tunggal, terus tumbuh dan menjadi ….. Dan sekarang kamu hidup dengan penuh kesenangan di dunia ini. Kamu ………. Ini semua kepada Allah Yang Mahakuasa. Allah swt sangat mengasihi kamu dan memberi kamu sedemikian banyak karunia-Nya. Maka, jangan pernah lupa bersyukur kepada Penciptamu, Allah Yang Mahakuasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS