RSS

MESIN-MESIN BERUKURAN SANGAT KECIL DALAM TUBUH: OTOT-OTOT

Otot merupakan sumber kekuatan tubuh kita. Otot bertanggung jawab atas pengalihan energi menjadi kekuatan, yang dengan sempurna mereka lakukan selama hidup kita. Kita kadang-kadang memperhatikan hal ini, tetapi paling sering kita tidak menyadarinya. Misalnya, beberapa otot mengerut meskipun kita tidak menyadarinya. Otot jantung dan lambung merupakan jenis otot ini. Tindakan mereka berada di luar kendali kita. Otot-otot yang mengerut atas dasar kehendak kita terkait pada rangka. Ada 650 otot sadar dalam tubuh manusia. Ketika kita bergerak, otot-otot ini mengerut atau beristirahat bersama-sama dengan tulang tempatnya menempel.

Otot digerakkan oleh pembuluh darah dan syaraf. Pembuluh darah membawa oksigen dan zat makanan ke otot-otot, sedangkan syaraf menggerakkan pergerakan otot.

Apa yang akan terjadi jika kendali otot kalian sepenuhnya terserah pada kalian? Anggaplah, misalnya, bahwa otot jantung kalian mengerut hanya jika kalian sadar harus mengendalikannya mulai sekarang. Kalian tidak akan bisa melakukan apa pun selain berkonsentrasi pada pengerutan dan pengistirahatan otot jantung kalian. Hal ini karena jika otot jantung kalian tidak mengerut bahkan untuk satu ketika saja, kalian akan mati. Dan kematian tidak akan terelakkan ketika kalian tertidur pulas, karena kalian tidak akan mampu mengendalikan kerja jantung kalian. Akan tetapi, hal ini tidak pernah terjadi karena kalian tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu berkat sistem pengendalian yang sempurna dalam tubuh kalian.

Yang perlu kita lakukan, akhirnya, hanyalah bersyukur pada Allah Yuang Maha Penyayang, Yang membuat segalanya mudah bagi kita, dan bertingkah laku dengan cara yang membuat-Nya ridha. Allah memerintahkan kita untuk menyembah-Nya saja dalam ayat berikut ini:

(Yang memiliki sifat-sifat seperti itu) adalah Allah Tuhanmu. Tidak ada Tuhan selain Dia. Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia. Dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu. (QS Al-An’am: 102)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS