RSS

TANGAN MEMEGANG SEGALA SESUATU DENGAN LIHAI

Membolak-balik halaman buku, membuka pintu mobil, mencuci tangan... Semua ini hanyalah beberapa dari hal-hal yang sering kita lakukan dengan menggunakan tangan, tanpa mengalami kesulitan apa pun. Kita menggunakan tangan kita dalam melakukan ratusan tindakan lain juga.

Tangan seorang manusia begitu kuat sehingga tangan bisa melakukan tekanan setara 45 kg pada suatu benda bahkan tanpa mengepalkan tangan. Di samping kekuatan seperti itu, kita juga bisa menggunakan tangan untuk perbuatan yang sangat membutuhkan ketelitian dan keluwesan tangan, seperti memasukkan benang ke dalam lubang jarum, kapan pun kita inginkan. Sementara beberapa tindakan memerlukan sejumlah besar kekuatan, lainnya memerlukan kecermatan tinggi. Akan tetapi, kita bahkan tidak menyadari betapa istimewanya prestasi yang dilakukan oleh tangan kita sesungguhnya. Kita tidak pernah sadar untuk memutuskan memberikan kekuatan sebesar 500 gram untuk mengangkat selembar kertas dari meja atau memberikan kekuatan 5 kilogram untuk melempar sebuah bola. Kita melakukan seluruh hal ini secara otomatis tanpa pemikiran sadar, karena Allah telah menciptakan kita dengan sempurna. Kemampuan tangan kita yang istimewa merupakan hasil dari penciptaan Allah yang tiada taranya.

Tahukah kalian bahwa salah satu usaha terbesar yang dilakukan oleh para ilmuwan adalah membuat tangan buatan yang mirip dengan tangan manusia? Tangan-tangan robot yang dibuat sejauh ini telah menyerupai tangan manusia dalam hal kekuatan, tetapi kurang dalam hal sentuhan dan kemampuan melakukan berbagai tugas pada saat bersamaan.

Sebenarnya, menurut pendapat banyak ahli, tangan sebuah robot yang memiliki seluruh fungsi tangan manusia tidaklah bisa dibuat. Insinyur Hans J. Schneebeli, yang telah merancang tangan robot yang dikenal sebagai “Tangan Karlsruhe” menyatakan bahwa semakin banyak ia membuat tangan robot, semakin ia mengagumi tangan manusia. Ia menambahkan bahwa tangan-tangan robot itu masih membutuhkan banyak waktu agar mampu melakukan sedikit pekerjaan yang dilakukan oleh tangan manusia.

Tangan-tangan kita, yang tidak bisa ditiru oleh teknologi saat ini, dirancang oleh Allah. Tangan-tangan itu membuktikan kesempurnaan dalam nilai seni ciptaan Allah.

Tidak ada pencipta lain selain Allah. Dalam ayat berikut, Allah memberi tahu kita bahwa tidak ada tuhan selain-Nya dan memperingatkan orang-orang yang tidak melihat kenyataan ini.

Katakanlah, “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya, “Allah.” Katakanlah, “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai manfaat dan tidak pula mudarat bagi diri mereka sendiri?” Katakanlah, “Samakah orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap-gulita dan terang-benderang? Apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah, “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Mahaperkasa.” (QS Ar-Ra’d: 16)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS