RSS

Bagaimana Nyamuk Mengindra Dunia Luar?

Nyamuk dilengkapi dengan penerima panas yang sangat peka. Mereka mengindra segala sesuatu di sekitar mereka dalam berbagai warna menurut panasnya, seba-gaimana terlihat pada gambar di sebelah kanan. Karena pengindraannya tidak bergantung pada ca-haya, nyamuk sangat mudah menentukan letak pembuluh darah dalam ruangan yang gelap sekalipun. Penerima panas pada nyamuk cukup peka untuk mendeteksi perbedaan suhu hingga sekecil 1/1000C.


Nyamuk memiliki hampir seratus mata. Seba-gai mata majemuk, mata-mata ini terletak pada bagian atas kepalanya. Dalam gambar di atas tampak penampang lintang tiga buah mata. Di sebelah kanan tampak bagaimana citra sebuah benda ditransmisikan dari mata ke otak.


Di samping ini adalah hewan kecil yang hidup sebagai parasit pada nyamuk. Kita telah mempelajari sebagian kecil saja sistem-sistem luar biasa pada nyamuk - seperti cara makan, reproduksi, perna-pasan, peredaran darah. Jika kita me-nyadari bahwa kutu ini juga memiliki berbagai sistem kompleks dan fungsi organis, kita pun lebih memahami betapa tanda-tanda kebesaran Allah itu tak terbatas.


“Segala sesuatu yang ada di langit dan bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahabesar, Mahabijaksana. Kekuasaan dari langit dan bumi adalah milik-nya. Ia memberikan hidup dan menjadikan mati. Ia memiliki kekuasaan atas segala sesuatu.” (QS. Al Hadid, 57: 1-2) !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS