RSS

QUEEN


Queen adalah nama band rock Inggis yang populer di tahun 1970-an. Banayk berpengaruh pada band-band masa kini dan ounya pendengar yang cukup luas hingga hari ini. Mereka telah menjual sekitar 190 juta rekaman di seluruh dunia. Di kamppung halamanya, angka ini menempati urutan kedua setelah Beatles dalam hal penjualan secara keseluruhan.

Mereka beranggotakan: Freddy Mercury (Vokal), Brian May (Guitar), Roger Meddows-Taylor (Drums), dan John Deacon (Bass). Meski kritik terus mereka terima selama beberapa dekade, di tahun-tahun sekarang karya mereka dianggap sebagai pendahulu musik Heavy Metal, Glam Rock, Progressive Rock dan Stadium Rock. Band ini bisa dibilang menjadi pelopor video komersial sajak tahun 1975. Hit lagu mereka Bohemian Rhapsody dirilis ke seluruh dunia dan yang pertama kalinya ada. Dari segi kemasyuran, rekor penjualan, keanekaragaman dan live show yang digelar, tidak bisa diragukan lagi bahwa belum ada band yang melebihi Queen.

Lambang Queen didesain oleh sang Vokalis, Freddy Mercury yang memasukan tanda-tanda semua zodiak anggotanya. Queen lahir dari grup hard rock psychedelic yang bernama Smile di mana Brian May adalah gitarisnya dan kemudian tahun 1967 Roger Taylor bergabung di posisi drum. Sepeninggal vokalisnya, mereka berdua pada tahun 1971 membentuk band dengan Freddy Mercury sebagai vokalisnya dan beberapa bulan kemudian bergabung juga John Deacon. Setelah dua tahun berlalu, mereka sudah selesai kuliah dan mulai manggung kecil-kecilan. Tahun 1973 mereka merilis album pertama, Queen. Meski album pertama mereka diterima dengan biasa-biasa aja, tetapi ternyata album ke-2 Queen jadi dobrakan besar di tahun 1974. album ke-3, Sheer Heart Attact dirilis sebelum akhir tahun 1974. Lagu-lagunya mulai bersaing di tangga lagu Amrik. A night at the opera dan Bohemian Rhapsody adalah judul-judul yang bisa dibilang mengguncang dunia sebagai bintang rock. Berikutnya mulailah diperkenalkan lagu-lagu: Somebody to Love, We are the Champion, We will Rock You, Fat Bottom Girls dan Bicyle Race lewat berbagi kesempatan mereka kadang cukup unik dan nakal. Maklumlah Queen juga dinggap sebagai Gla Rock atau rock yang berdandan cakep dan centil.

Memasuki tahun 80-an, kepopuleran mereka mencapai puncaknya saat merilis The Game yang mengandalkan Crazy Little Thing Called Love dan Another One Bites the Dust. Selanjutnya, kesuksesan diraupnya lagi lewat soundtrack film Flash Gordon dan Barengan David Bowie menyanyikan single Under Pressure hingga tahun 1984. kemudian giliran bintang mereka surut dan memudar baik di Amrik maupun di Inggris. Mereka kemudian mendongkraknya dengan memperluas kepopuleran di Amerika Latin, Asia dan Afrika. Balik ke Inggris mereka rada disambut ramai lewat konser Live Aid dan merilis A Kind of Magic untuk tetap memudar. Nasib yang serupa masih aja menimpa mereka pada album Miracle (1989) dan Innuendo (1991). Tahun 1991, aktifitas Queen berkurang apalagi setelah tanggal 23 November, Freddy didakwa mengidap AIDS dan meninggal sehari sesudahnya. Pada musim semi berikutnya, sisa anggota Queen mengadakan konser di Stadoin Wembley Inggris dengan menampilkan artis top seperti: David Bowie, Elton John, Annie Lennox, Def Leppard dan Gun N’ Roses. Konser ini berhasil ngumpulin jutaan dolar dan disumbangkan untuk Mercury Phoenix Trust yang memperjuangkan kesadaran akan bahaya AIDS. Di tahun-tahun selanjutnya, berbagai aktifitas unutk menikmati keindahan karya Queen masih dogelar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS